Dukung Infrastruktur Kendaraan Listrik, PLN dan Pemko Medan Resmikan ‘Charging Station’ di Le Polonia Hotel Medan

PLN UID Sumut bersama Pemko Medan meresmikan'charging station' yang pembangunannya secara swadaya oleh Hotel Le Polonia Medan.

topmetro.news – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumut terus melaksanakan komitmennya dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik di Sumatera Utara. Kali ini, Selasa (30/1/2024), PLN UID Sumut bersama Pemko Medan meresmikan ‘charging station’ yang pembangunannya secara swadaya oleh Hotel Le Polonia Medan.

Peresmian ‘sharging station’ ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution didampingi Senior Manager Perencanaan Moses Allo dan General Manager Le Polonia Hotel Medan Handoko. Usai menggunting pita, Walikota Medan beserta rombongan meninjau’charging station’ dan melakukan pengisian kendaraan listrik.

Bobby Nasution mengatakan, Pemko Medan terus mendorong para stakeholder untuk menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik seperti yang ada di Hotel Le Polonia. Pemko bersama para stakeholder akan terus mendorong percepatan pembangunan fasilitas pendukung kendaraan listrik di Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

“Apresiasi kepada Hotel Le Polonia yang memberikan fasilitas ‘charging station’ bukan hanya untuk pengunjung hotel saja. Namun fasilitas ‘charging station’ ini dapat digunakan oleh masyarakat umum pemilik kendaraan listrik,” kata Bobby.

Bobby Nasution menambahkan, penggunaan ‘charging station’ itu masih free (gratis). Tentunya fasilitas ini dapat bermanfaat bagi masyarakat pengguna kendaraan listrik dalam melakukan pengisian baterai.

“Kita menargetkan pertumbuhan ‘charging station’ seperti ini dapat terus berlangsung khususnya di tempat fasilitas umum seperti hotel, mall, dan cafe. Artinya masyarakat bisa nongkrong sambil mengisi baterai kendaraan listriknya,” jelas Bobby.

Dukung Pemerintah

GM Hotel Le Polonia Handoko menjelaskan bahwa tersedianya ‘charging station’ di hotel bertujuan untuk mendukung program pemerintah terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik atau energi ramah lingkungan. Ia mengakui, ‘charging station’ di hotel itu juga dapat dukungan PLN UID Sumut.

“Dengan adanya ‘charging station’ ini merupakan wujud terhadap program pemerintah. Artinya kami mendukung penggunaan energi ramah lingkungan dan kami percaya program ini senantiasa akan berkembang di Kota Medan,” jelas Handoko.

Dalam wawancara terpisah, General Manager PLN UID Sumut Awaluddin Hafid menyampaikan, PLN berkomitmen untuk terus mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik. Hal tersebut agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk beralih dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan ramah lingkungan.

“Layanan ‘charging station’ ini diinisiasi langsung oleh Hotel Le Polonia. Kami mengajak para pengelola perhotelan, pengelola mall, pengelola café, dan fasilitas umum lainnya untuk turut mendukung program pemerintah menuju ‘Net Zero Emission’ di tahun 2060, dengan memperbanyak stasiun pengisian kendaraan listrik. Apa yang dilakukan Hotel Le Polonia merupakan langkah nyata dukungannya terhadap Program ‘Net Zero Emission’,” tutup Awaluddin.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment